PMPP activities

PEMBUKAAN MTT SATGAS QRF UNPCRS DI YONIF 121/MK

Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI, Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus didampingi oleh Dansatlat PMPP TNI Kolonel Arm Heru Langlang Buana selaku Ketua Tim MTT PMPP TNI, Danyonif 121/MK Letkol Inf Imir Faishal dan Pabandya Lat yang mewakili Asops Kasdam I/BB, membuka secara resmi pelaksanaan Mobile Team Training (MTT) Satgas Quick Reaction Force (QRF) United Nations Peacekeeping Capability Readiness System (UNPCRS) 2019 di Mako Yonif 121/MK Galang, Deli Serdang, Senin (17/06).

Dalam pengarahan yang dihadiri oleh 200 Org prajurit, Komandan PMPP TNI menyampaikan bahwa sebagai satuan dan prajurit yang terpilih untuk disiapkan penugasan luar negeri, para Prajurit Yonif 121/MK harus dapat memelihara kedisiplinan dan selalu bekerja secara maksimal. Komandan PMPP TNI juga menyampaikan bahwa peluang melaksanakan penugasan sebagai Pasukan Garuda merupakan kehormatan dan kebanggaan yang tak ternilai bagi pribadi maupun keluarga.

MTT UNPCRS merupakan bagian dari persiapan penugasan yang dilaksanakan di tahap awal pasca dinyatakannya pledging kontribusi Satgas Kontingen Garuda TNI dalam misi perdamaian dunia sebagai bagian dari program UNPCRS yang digulirkan oleh PBB.

Selain dari Yonif 121/MK, pelaksanaan kegiatan MTT juga dilaksanakan secara tersebar dan serentak disatuan lainnya, seperti : 
1. Yonif Raider 141/AJYP (Satgas Force Protection Company)
2. Yonbekang 3/Darat (Satgas Kompi Transportasi)
3. Yon Hub/Dithubad (Satgas Perhubungan) 
4. Kizi Jihandak/Ditziad (Satgas EOD).

Sebagai langkah persiapan awal bagi _deployment_ 9 Satgas UNPCRS pada tahun 2019, PMPP TNI telah melaksanakan program _Training of Trainer_ pada bulan April 2019. Program MTT ini dilaksanakan sebagai lanjutan dari kegiatan TOT yang bertujuan untuk mendiseminasi pemahaman modul _Core Pre-Deployment Training_ bagi para prajurit, sehingga mereka akan lebih siap dan termotivasi untuk menghadapi kegiatan selanjutnya, seperti seleksi, latihan pratugas dan inspeksi dalam fase siaga operasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*