Kontingen Garuda

FC CIMIC UNIT HADIRI PERTEMUAN DENGAN ORGANISASI BADAN KEMANUSIAAN PBB, LSM INTERNATIONAL DAN LOKAL BESERTA AKTOR CIMIC MILITER DI SECTOR WEST 2-3 HQ

Komandan FC CIMIC Unit Head Quarter Letkol Cba Ismatulloh, S.I.P., M.M. didampingi Deputy Commander of FCCU Captain Alessandro Marino (Italia) menghadiri acara petemuan gabungan aktor Civilian dan pilar Militer, di Sector West 2-3 Head Qurter, Kamis (27/06/2024).

Peran utama FC CIMIC (Civil Military Coordination) Unit yang selama ini terus membina, memelihara serta meningkatkan kualitas hubungan persahabatan bahkan menjalin hubungan kekeluargaan dengan seluruh aktor CIMIC diantaranya dengan semua personel CIMIC militer, pihak Civil Affair sebagai pemangku kepentingan CIMIC juga dengan masyarakat Lebanon.

Bertindak selaku pimpinan acara sekaligus pembuka dan penutup acara pertemuan gabungan aktor sipil dan aktor militer tersebut oleh Brigadier General Fontana (Italia) Commander of Sector West Head Quarter.

OCHA UN (Office For The Coordination Of Humanitarian Affairs) merupakan Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB menyoroti misi kemanusiaan yang sedang berlangsung di wilayah dekat Garis Biru untuk mendukung warga sipil di daerah yang terkena dampak konflik, dengan fokus pada kesehatan, ketahanan pangan, pendidikan, dan bantuan dasar lainnya.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan paparan oleh salah satu badan PBB yaitu OCHA UN kepada peserta undangan pertemuan meliputi perwakilan LSM internasional dan LSM lokal, tokoh pemerintah dan tokoh masyarakat setempat bersama aktor CIMIC Militer Sector West untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi bersama dalam perencanaan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan melalui organisasi kemanusiaan diberbagai keadaan darurat terutama akibat dampak perang yang masih berlangsung di wilayah operasinya Sector West UNIFIL.

Sejak Insiden 7 Oktober 2023, para aktor kemanusiaan selalu berkoordinasi dengan aktor CIMIC terus bergerak untuk menjangkau dan membantu penduduk Lebanon selatan, khususnya mereka yang paling terkena dampak akibat baku tembak dan luncuran roket serta insiden lainnya yang terus menerus di wilayah Blue Line.

Sejumlah perwakilan LSM dan kelompok Masyarakat sekitar Blue Line LIbanon Selatan menghadiri kegiatan pertemuan yang di inisiasi dan di mediasi oleh CIMIC G9 SW. Pertemuan tersebut mendorong dialog antara UNIFIL dan aktor kemanusiaan, menandai langkah signifikan menuju akses kemanusiaan yang lebih aman di wilayah selatan. Peran aktif menunjukkan komitmen yang kuat untuk mendukung masyarakat lokal yang terkena dampak konflik.

Diakhir kegiatan dilakukan foto bersama di depan Cinotaph Sector West Head Quarter 2-3 beserta seluruh penyelenggara dan peserta undangan yag hadir dengan penuh keakraban.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*