Kontingen Garuda

ATASI FATIGUE SEAFARER, SATGAS MTF TNI KONGA XXVIII-O/UNIFIL MENGGELAR LOMBA PEMBINAAN SATUAN

Guna mengatasi FATIGUE SEAFARER dan menjaga kesehatan mental serta psikis prajurit di daerah misi, Prajurit KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung dalan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL unjuk kemampuan dan profesionalisme dalam pelaksanaan Lomba Pembinaan Satuan (Binsat) antar departemen yang diselenggarakan di Dermaga No. 4 Beirut, Lebanon pada Senin (21/10/2024).

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bertugas di kapal perang identik dengan kondisi Isolated, Confined and Extreme (ICE) dimana sangat berpengaruh terhadap kondisi prajurit pengawak dalam menjalankan suatu tugas. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan yang bersifat penyegaran dan hiburan namun tidak lepas dari profesionalisme para prajurit pengawak. Adapun materi yang diperlombakan meliputi bongkar pasang senjata M4 dan Pistol G2 Combat, lari ketangkasan, ketrampilan peluit, angkat sekoci karet, mendayung sekoci karet, lempar tali buangan dengan sasaran jarak 30 meter dan menggunakan baju penyelamatan kapal (PEK) beserta perlengkapannya. Untuk penentuan juara diambil berdasarkan pada waktu tempuh tercepat dan ketepatan dalam menyelesaikan setiap materi persoalan yang diberikan.

Komandan KRI Diponegoro-365 selaku Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, menyampaikan bahwa kegiatan Lomba Binsat ini selain guna meningkatkan ketangkasan dan mempertahankan kesiapsiagaan prajurit, juga merupakan salah satu bagian dari upaya pembinaan personel Satgas MTF TNI untuk memperkuat soliditas dan sinergitas antar prajurit di sela waktu penugasan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*