Kontingen Garuda

TIM OEI MELAKSANAKAN KUNJUNGAN KERJA KE BUMI NUSANTARA CAMP MAVIVI SATGAS KIZI TNI KONGA XX-U MONUSCO

Tim OEI lakukan pemeriksaan untuk mengukur efektifitas operasional Kontingen Garuda (Konga) XX-U/MONUSCO, sebanyak dua orang yang tergabung dalam Tim OEI (Operational Effectiveness Inspection) MONUSCO (Mission De L Organisation Des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) melakukan inspeksi terhadap personel, material serta alat perlengkapan yang dimiliki oleh Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Konga XX-U di Republik Demokratik Kongo, (25 s.d 27/06/2024)

2 orang tim OEI Letnan Kolonel Walter Rosa Barboza (Uruguay) yang memimpin Tim beserta Mayor Muhammad Aamir Fayyaz (Pakistan Army) disambut Dansatgas Kizi TNI Konga XX-U/Monusco Letkol Czi Dili Eko Setyawan, S.Ak,M.Han. dan Wadansatgas Mayor Czi Dody Anggara, S.S.T.Han. di Bumi Nusantara Camp.

Tim OEI merupakan staf khusus yang dimiliki Force Commander (Pimpinan Militer Tertinggi MONUSCO) bertugas untuk memeriksa dan menilai tingkat effektifitas operasional dari setiap kontingen militer yang berada dibawah jajaran MONUSCO.

Seperti biasa, pertemuan diawali dengan paparan singkat kondisi Satgas Kizi TNI Konga XX-U/MONUSCO dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama di daerah misi. Kemudian Tim OEI melaksanakan inspeksi, yang dimulai dari pengecekan dokumen-dokumen kegiatan berupa protap satgas, rencana latihan dan kelengkapan administrasi materiil.

Tim meninjau langsung ke lapangan untuk melihat kondisi seluruh materiil yang dimiliki Satgas Kizi TNI Konga XX-U/MONUSCO. Mereka juga menyaksikan demonstrasi prosedur penanganan Improvised Explosive Device (IED).

Sebelum meninggalkan camp ketua tim menyampaikan Terimakasih atas pelaksanaan kegiatan sehingga dapat berjalan dengan lancar, kunjungan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Komandan Satgas Kizi TNI Konga XX-U/Monusco, Letnan Kolonel Czi Dili Eko Setyawan, S.Ak,M.Han. kepada tim OEI sebelum beliau bertolak menuju ke Goma.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*