Kontingen Garuda

KRI SULTAN ISKANDAR MUDA LAKSANAKAN LATIHAN BERSAMA KAPAL PERANG JERMAN DI LAUT MEDITERANIA

KRI Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM) yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S. yang terlibat dalam misi Perdamaian Dunia PBB di Lebanon melaksanakan latihan Mailbag Transfer Exercise. Latihan ini dilaksanakan bersama Kapal Perang Jerman FGS Braunschweig (BRN) di Laut Mediterania Lebanon, Sabtu(10/07/2021).

Mailbag Transfer Exercise merupakan bagian dari latihan pembekalan di laut dengan tujuan memberikan tambahan logistik kepada kapal yang membutuhkan. Pada latihan kali ini, KRI SIM juga menerbangkan Helikopter yang dibawanya yaitu Helikopter AS 565 MBE PANTHER untuk sekaligus melaksanakan Latihan Photo Exercise dari udara yaitu di atas Laut Mediterania Lebanon.

Latihan diawali dengan KRI SIM melaksanakan Peran Heli kemudian setelah Heli Take off dari Geladak Heli KRI SIM, KRI SIM yang bertindak sebagai kapal penerima, mendekat ke Kapal hingga kedua kapal perang posisinya sejajar. Selanjutnya, kedua kapal perang berganti peran FGS BRN bertindak menjadi kapal penerima dan mendekat kepada KRI SIM pemberi yakni KRI SIM.

Didalam Latihan tersebut KRI SIM dan FGS BRN bergantian saling bertukar Plakat dan beberapa cinderamata sebagai tanda atau simbol menjalin tali persahabatan antara Indonesia dan Jerman.

Berkaitan dengan kegiatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. selalu menekankan kepada Komandan KRI yang melaksanakan tugas muhibah ke luar negeri, untuk tetap menjalin hubungan yang baik degan Angkatan Laut negara lain,dengan salah satu sarananya adalah Latihan bersama saat berlayar dan KASAL selalu berpesan kepada Abdul Haris agar selalu menjaga kondisi kesehatan seluruh prajurit KRI SIM dan berbanggalah karena ditengah Pandemik seperti ini KRI SIM masih dapat melaksanakan latihan di Lebanon dengan penuh semangat dan profesional.

“Kegiatan latihan Mailbag Transfer, memang kami laksanakan untuk mengasah profesionalisme para personel satgas MTF Unifil, juga untuk mempererat hubungan diplomasi antara Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Jerman,” ujar Dansatgas Letkol Laut (P) Abdul Haris.
Selesai latihan,KRI SIM bermanuver untuk kembali menuju daerah operasinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*