Kontingen Garuda

ADU GENGSI KRI SULTAN ISKANDAR MUDA-367 SAAT LAKSANAKAN LATIHAN GABUNGAN UNSUR MTF DISAKSIKAN LANGSUNG PARA DUTA BESAR

Selain unjuk profesionalisme dalam latihan, KRI Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) membawa misi budaya di tengah ajang Latihan Gabungan seluruh unsur Maritime Task Force (MTF) UNIFIL. Pada kesempatan Latihan yang dihelat di perairan Laut Mediterania tersebut, Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia (LBBP RI) untuk Lebanon Hadjriyanto Y. Thohari bersama para Duta Besar Negara anggota MTF lainnya di undang MTF Commander Rear Admiral Axel Schulz untuk ikut hadir menyaksikan jalannya latihan. Rangkaian kegiatan terdiri dari Latihan Tactical Maneuvering, Photo Exercise, Sail Pass dan Flyby yang melibatkan Helikopter AS 565 PANTHER milik Satgas MTF TNI. Laut Mediterania (21 Agustus 2021)

Saat sail pass kepada tamu kehormatan, sejumlah prajurit KRI SIM-367 berparade menggunakan pakaian adat Indonesia dengan membawa bendera dari lima negara anggota MTF serta selama latihan berlangsung protokol kesehatan yang ketat tetap diperhatikan dan dilaksanakan di KRI SIM-367. Saat seluruh prajurit KRI SIM-367 berparade sontak membuat Bapak Duta Besar LBBP RI untuk Lebanon terkejut dan merasa bangga dihadapan para Duta Besar lainnya karena KRI SIM-367 menjadi sorotan seluruh tamu undangan yang hadir menyaksikan latihan. Hadjriyanto menyampaikan bahwa, “Indonesia patut berbangga memiliki KRI SIM-367 sebagai bagian pasukan perdamaian Indonesia di Lebanon, tidak hanya menjadi duta perdamaian tetapi turut membantu KBRI Beirut sebagai duta budaya”. Kata Duta Besar LBBP RI untuk Lebanon Hadjriyanto Y. Thohari.

Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S., Komandan KRI SIM-367, dalam pernyataannya mengatakan, “Selain menunjukan profesionalisme saat melaksanakan Capability Demonstration, kita juga memanfaatkan kegiatan ini untuk misi Diplomasi”. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan strategis Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk selalu menjalin hubungan baik dengan negara sahabat dalam rangka implementasi Diplomacy role TNI Angkatan Laut dimata dunia Internasional. Pencapaian KRI SIM-367 ini menjadi implementasi penekanan Komandan Pusat Misi Pemeliharaan dan Perdamaian (DAN PMPP) TNI Marsda TNI Benedictus Benny K., S.H., MAvMGT., MAIR untuk selalu menunjukkan yang terbaik dalam setiap penugasan pasukan perdamaian TNI, karena ”Peacekeepers” TNI merupakan etalase Indonesia dihadapan pasukan perdamaian negara luar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*