PMPP activities

OPENING CEREMONY LATIHAN BERSAMA MULTINATIONAL GARUDA CANTI DHARMA II TAHUN 2022

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil, Ph.D., yang diwakili oleh Komandan PMPP TNI Marsda TNI Benedictus Benny Koessetianto, S.H., MAvMgt., MAIR., secara resmi memimpin Upacara Pembukaan Latihan Bersama Multinational Peacekeeping Exercise GPOI Capstone Garuda Canti Dharma II Tahun 2022 di Markas Komando PMPP TNI, Sentul, Bogor (18/07/2022).

Latihan Bersama Garuda Canti Dharma (GCD) ini merupakan inisiatif antara Amerika Serikat dan Indonesia dalam kontribusinya untuk mewujudkan perdamaian dunia bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Latihan bersama yang melibatkan 23 negara ini juga tertuang dalam program United States-Indonesia Bilateral Defense Discussion (USIBDD) tahun 2021.

Dengan mengangkat materi United Nations Peacekeeping Operations, peserta dibagi ke dalam beberapa pelatihan diantaranya, Field Training Event (FTE), Staff Training Event (STE) dan Critical Enabler Capability Enhancement (2CE). Latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam rangka mempersiapkan kontingen pemelihara perdamaian PBB (United Nations Peacekeeping Capabilty Readiness System UNPCRS). Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi ruang bagi peserta dalam bertukar pengalaman, pengetahuan, serta informasi mengenai masalah konflik global terkini.

“Saya berharap Latihan Bersama Garuda Canti Dharma II Tahun 2022 dapat meningkatkan kapabilitas dan profesionalisme para Peacekeepers. Saya juga berharap bahwa kegiatan ini dapat terus ditingkatkan sebagai salah satu wujud diplomasi militer guna menjaga pemeliharaan dan perdamaian dunia”, ucap Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, yang diwakili oleh Komandan PMPP TNI.

Turut hadir dalam upacara pembukaan GCD II Tahun 2022, selain undangan pejabat TNI terdapat pula staf Kedubes AS di Jakarta yaitu Mr. Kyle Richardson, Acting Deputy Chief of Mission US Embassy, Atase Pertahanan negara-negara yang terlibat dalam latihan bersama, perwakilan ICRC dan beberapa personel Subject Matter Expert dari GPOI.

Comments are closed.