Kontingen Garuda

DELEGASI BKSAP DPR RI KUNJUNGI MARKAS INDOBATT

Satgas TNI Kontingen Garuda UNIFIL 2023 menerima kunjungan kerja Delegasi BKSAP (Badan Kerja Sama Antar Parlemen) DPR RI Dr. Padli Zon dan Putu Supadma Rudana beserta Duta Besar LBBP (Luar Biasa Berkuasa Penuh) RI untuk Lebanon Drs. Hajriyanto Y. Thohari M.A bertempat di Markas Indobatt UNP 7-1, adchit Al Qusayr, Lebanon selatan. Minggu (14/05/2023).

Komandan Satgas Kontingen Garuda UNIFIL 2023 sekaligus merangkap sebagai Komandan Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-Q UNIFIL Kolonel Inf Syafruddin menyambut langsung kedatangan Rombongam Delegasi BKSAP DPR RI beserta Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Lebanon.

Kunjungan kerja rombongan delegasi BKSAP DPR RI beserta Duta Besar LBBP RI untuk Lebanon dalam rangka meninjau secara langsung Kontingen Pasukan perdamaian Indonesia yang sedang melaksanakan tugas misi menjaga pemeliharaan perdamian di Lebanon yang tergabung dalam pasukan PBB.

Tiba di Markas Indobatt, Deputy Commander Officer Sector East UNIFIL Kolonel Harri Poernomo beserta para Dansatgas Kontingen Garuda UNIFIL mengalungkan selendang kepada Duta besar dan rombongan delegasi sebagai tanda ucapan selamat datang di Indobatt, selanjutnya rombongan dengan menggunakan kendaraan tempur Anoa berkeliling meninjau markas Indobatt.

Dalam sambutannya Duta besar LBBP RI untuk Lebanon Hajriyanto Y. Thohari menyampaikan, Peran Indonesia dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB merupakan implementasi dari komitmen Indonesia untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan pada kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial sesuai Alinea IV pembukaan UUD 45. Indonesia telah berpartisipasi sebagai Trop Contributing Countries (TCC) di UNIFIL sejak tahun 2006, dengan jumlah tentara saat ini sekitar 1227, terbesar di antara 48 TCC termasuk Kapal Perang Indonesia.

Senada disampaikan ketua Delegasi BKSAP DPR RI Lebanon Putu Supadma Rudana, Peran DPR RI untuk resolusi perdamaian dunia dalam pertemuan parlemen, DPR RI terus berupaya meningkatkan perannya untuk berkontribusi pada perdamaian dunia termasuk di wilayah Timur Tengah.

Ketua BKSAP DPR RI yaitu Bapak Dr. Fadli Zon juga menyampaikan, keberadaan Kontingen Garuda di Lebanon tidak sekadar menjalankan mandat konstitusi yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, Tetapi lebih jauh lagi, sebagai duta-duta pilihan bangsa, pembawa misi luhur kemanusiaan dan memberikan kemanfaatan bagi umat manusia.

Lebih lanjut disampaikan Komandan Satgas Kontingen Garuda UNIFIL 2023 Kolonel Inf Syafruddin, Kontingen Garuda mendukung pemerintah Lebanon dalam menjaga keamanaan di wilayah Lebanon Selatan, membantu LAF dalam melaksanakan tugas di Area Operasi UNIFIL”, Ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kolonel Haris Siregar, Komandan satuan tugas (FHQSU) Kolonel Ezra Nathanael, Letkol Bram Vidya Krishnayana (SEMPU) Mayor Agan Permana (MCOU) dan para Komandan Satuan Tugas Kontingen Garuda Unifil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*