PMPP activities

KEGIATAN ASEAN PEACEKEEPING CENTRES NETWORK (APCN) DI VIETNAM

ASEAN Peacekeeping Centres Network (APCN) adalah kegiatan seminar dan lokakarya yang bertujuan untuk memperkuat kerjasama dari ASEAN khususnya pada bidang operasi peneliharaan perdamaian serta memperkuat ASEAN Peacekeeping Partnership (APP) diantara negara anggota ASEAN.

Konferensi dan lokakarya APCN ke 8 yang dilaksanakan di Foreign Relations Department, 33C Pham Ngu Lao, Hoan Kiem District, Hanoi, Viet Nam dibuka oleh SNR LT GEN Phung Si Tan, Deputy Chief of General Staff of Vietnam Peoples Army.

Hadir perwakilan institusi Peacekeeping Center 10 Negara ASEAN antara lain: Brunei Darussalam, Cambodia, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippine, Thailand, Singapura dan Viet Nam.
Dalam sambutannya SNR LT GEN Phung Si sangat mengapresiasi pentingnya dan relevansi APCN dalam meningkatkan ASEAN Peacekeeping Partnership di antara Anggota ASEAN.

Beliau menekankan bahwa Viet Nam menjadi tuan rumah dua konferensi APCN berturut-turut sebagai Ketua APCN yang sedang menjabat dari tahun 2019 sd 2023 dan telah berkontribusi untuk mempertahankan momentum APCN dan meningkatkan kolaborasi dalam peningkatan kapasitas bagi Anggota APCN untuk berkontribusi secara lebih efektif pada misi pemeliharaan perdamaian PBB.

Kegiatan dlaksanakan dari tanggal 12 sd 16 Juni 2023 dengan agenda kegiatan diawali registrasi dan pembukaan, pembahasan agenda sidang, review minutes dan penandatanganan serta diakhiri dengan penyerahan bendera APCN dari Viet Nam kepada Indonesia, yang menandai penyerahan keketuaan APCN kepada Indonesia, dalam hal ini serahterima dari Vietnam kepada Indonesia diterima langsung Komandan PMPP TNI Laksda TNI Retiono Kunto, S.E, M.A.P., CRMP., M.Tr.Opsla.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang pentingnya memperkuat komitmen kerjasama antar Peacekeeping Center negara anggota ASEAN dan memformulasikan langkah strategis untuk merespon berbagai tantangan kedepan.
Lebih lanjut disampaikan tentang harapan positif kedepan untuk merealisasikan keamanan dan stabilitas regional kawasan serta mengharapkan dukungan seluruh anggota APCN untuk kesuksesan pelaksanaan kegiatan satu tahun kedepan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*