Kontingen Garuda

KRI Diponegoro-365 Laksanakan Cross-Deck Helicopter Operations dengan Kapal Perang Yunani

Heli AS 565 MBe Panther HS-1305 onboard KRI Diponegoro-365 yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) XXVIII-O/UNIFIL melaksanakan Cross-Deck Helicopter Operations dengan kapal perang Yunani HS Limnos F-451 di Laut Mediterania, Lebanon, Senin (12/02/2024)

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan familirisasi dan uji coba geladak heli yang ada di setiap kapal yang berbeda. Geladak heli haruslah sesuai standar yang ada di dalam Helicopter Operations from Ships other Than Aircraft Carriers (HOSTAC) dan telah disepakati bersama. HOSTAC merupakan suatu program militer atau forum internasional yang fokus utamanya adalah untuk membuat suatu standar dan meng-update informasi dalam rangka keamanan dan keselamatan pelaksanaan cross-deck Helicopter Operations di lebih dari 50 angkatan laut dan penjaga pantai di seluruh dunia.

Metode touch and go dilaksanakan sebanyak dua kali di geladak heli HS Limnos dengan simulasi pertama yaitu terdapat gangguan instrument di geladak heli sehingga heli melaksanakan emergency batal untuk mendarat dan simulasi yang kedua adalah geladak heli dalam kondisi normal. Komandan KRI DPN-365 sekaligus Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII/O UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., menjelaskan bahwa kegiatan ini selain untuk familirisasi geladak heli unsur lain, juga diharapkan dapat meningkatkan confidence level para pilot heli dalam pelaksanaan suatu gugus tugas operasi multilateral.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*