Kontingen Garuda

SIMULASI ANCAMAN BAHAYA UDARA, KRI DIPONEGORO-365 PIMPIN ADVANCE MANUEVERING EXERCISE DI LAUT MEDITERANIA

Guna menghadapi ancaman bahaya udara, KRI Diponegoro-365 dipercaya untuk memimpin Miscellenous Exercise (Miscex) 831 Advance Manuevering Exercise dengan kapal-kapal perang negara lain yang tergabung dalam MTF 448 UNIFIL di Area of Maritime Operation (AMO) Laut Mediterania, Lebanon, pada Sabtu (24/02/2024)

Gelaran latihan bersama ini sebagai bentuk respon dari cukup tingginya Military Air Activity di sekitar AMO dalam beberapa minggu belakangan ini. Seluruh kapal membentuk tabir dan formasi-formasi pertahanan udara dengan mempertimbangkan kemampuan sensor dan senjata yang dimiliki. Beberapa kapal perang yang terlibat latihan yaitu 2 kapal jenis Corvete : KRI Diponegoro-365 (Indonesia), BNS Sangram-F113 (Bangladesh) dan 1 kapal jenis Frigate : HS Limnos F-451 (Yunani).

Komandan KRI DPN-365 yang merupakan Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., menyampaikan bahwa memimpin latihan seperti ini merupakan suatu bukti kepercayaan dari MTF Commander bahwa kemampuan platform, sensor, senjata serta pengawak KRI DPN-365 dinilai mumpuni guna menghadapi situasi ancaman yang semakin kompleks.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*