Kontingen Garuda

FC CIMIC UNIT MENGIKUTI RAPAT KOORDINASI GABUNGAN ANTARA CIMIC COORDINATION MEETING (CCM) DENGAN INTEGRATED OUTREACH OPERATION CELL (IOOC) DI HEAD QUARTER UNIFIL NAQOURA

Rapat koordinasi CIMIC (CCM) yang menjadi agenda bulan April 2024 kali ini digabungkan dengan kegiatan IOOC yang diadakan oleh UNIFIL bertempat di CR 1 Room Head Quarter Naqoura pada Kamis, 25 April 2024. Rapat koordinasi kegiatan agenda bulanan ini merupakan sebagai sarana komunikasi dan koordinasi seluruh aktor CIMIC dan IOOC yang terpusat Head Quarter UNIFIL. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh aktor CIMIC dan IOOC baik pilar militer, organisasi PBB, otoritas sipil serta organisasi kemasyarakatan lainnya dari beberapa kontingen negara yang tergabung dalam misi perdamaian di Lebanon.
Kegiatan CCM secara terpusat ini sebagai sarana bertukar informasi tentang kondisi wilayah, kondisi masyarakat dan untuk mengevaluasi tentang kegiatan yang telah dilaksanakan serta menentukan rencana program-program kedepan CIMIC dan IOOC UNIFIL. Rapat koordinasi kali ini dipimpin Deputy J-9 HQ Let. Col. Timo Rusanen (Finlandia).

Peserta CCM yang hadir merupakan gabungan dari personel militer CIMIC dan IOOC meliputi Staf J-9 CIMIC HQ, Staf IOOC HQ, FC CIMIC Unit, MCOU, LAF CIMIC, G-9 CIMIC SW, G-9 SE, Civil Affair, Gender Advisor, Gender Military Advisor, Chinbatt, OGL dan FCR yang seluruhnya berada di AoR UNIFIL.

Dalam pertemuan rapat tersebut Commander of FC CIMIC Unit Letkol Cba Ismatulloh, S.I.P., M.M. mengungkapkan dalam paparannya bahwa jenis kegiatan yang perlu terus dilakukan dalam menghadapi situasi krisis keamanan saat ini yaitu peran dukungan CIMIC oleh semua aktor dan stake holder pendukung lainnya. Selanjutnya melalui kegiatan rapat koordinasi CIMIC yang digabungkan dengan IOOC ini diharapkan dapat terjalin interaksi dan komunikasi yang baik diantara pemangku kepentingan CIMIC untuk menilai berbagai kebutuhan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar area operasi, terutama di masa seperti sekarang ini yang sudah banyak terdampak akibat perang di wilayah sekitar blue line sehingga peran CIMIC salah satunya dapat mendukung keberhasilan tugas pokok UNIFIL dalam menjaga perdamaian di wilayah Lebanon.

Adapun peserta yang turut hadir dari FC CIMIC Unit HQ yaitu Letkol Cba Ismatulloh, S.I.P., M.M., sebagai Komandan FCCU, Captain Alessandro Marino dari Italia sebagai Deputy C.O. FCCU, dan Kopka Yusrin sebagai driver.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*