Kontingen Garuda

Peninjauan kesiapan relokasi Satgas INDO RDB dari Rearbase Camp ke Camp Senegal FPU

Bunia, 6 April 2024.
Berdasarkan nota kesepakatan New Force Lay Down (NFLD) tahun 2023 yang dikeluarkan oleh Northern Sector Commander of Monusco, dan disetujui oleh Force Commander of Monusco, mengenai relokasi basecamp beberapa kontingen yang berada di bawah kendali Northern Sector of Monusco, Komandan PMPP TNI, Laksamana Muda TNI Retiono Kunto Hadiningtias, S.E., CRMP., M.Tr.Opsla datang langsung ke Republik Demokratik Kongo untuk meninjau kesiapan relokasi camp Monusco Indo RDB.

New Force Lay Down (NFLD) 2023 dibuat dalam rangka penyesuaian kebutuhan operasional dan komposisi pasukan di setiap kontingen yang berada di bawah kendali Northern Sector of Monusco. Kontingen Nepal yang saat ini berada di Log Base Bunia akan dipindahkan ke Rearbase camp yang bersebelahan dengan Nepal Engineering Company, sehingga kontingen Indonesia yang berada di Rearbase akan dipindahkan ke Ndromo supercamp yang bersebelahan dengan Kompi Bantuan INDO RDB yang saat ini masih ditempati oleh Senegal FPU.

Komandan PMPP TNI, Laksamana Muda TNI Retiono Kunto Hadiningtias, S.E., CRMP., M.Tr.Opsla juga mengunjungi Camp Log Base dan Bandara Bunia di kota Bunia. Sesuai dengan NFLD, Pos Keamanan Helipad Bandara Bunia memiliki 1 tim JTAC dari INDO RDB sebagai tim pengamanan yang akan direlokasi sementara ke camp Log Base guna perluasan lahan Bandara Bunia.

Komandan PMPP TNI menyampaikan, rotasi pemindahan basecamp kontingen INDO RDB Monusco dinilai strategis sebagai percepatan kegiatan operasional kontingen Indonesia untuk membantu PBB dalam menjaga perdamaian dunia, khususnya di Republik Demokratik Kongo.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*