PMPP activities

THE FUTURE OF PROTECTION OF CIVILIAN IN UN PEACEKEEPING

Komandan PMPP TNI Laksda TNI Retiono Kunto, S.E., M.A.P., CRMP., M.Tr. Opsla., menjadi salah satu Panelis dalam kegiatan international PBB dengan tema “The Future of Protection of Civilian in UN Peacekeeping” yang dilaksanakan di New York Amerika Serikat. Senin (20/05/2024)

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Deputy Watap RI untuk UN Bpk. Hari Prabowo dilanjutkan Pembukaan oleh Under Secretary General of UN Department of Peace Operations USG Jean Pierre Lacroix, dalam acara tersebut diikuti oleh 30 delegasi negara sahabat dan 3 organisasi International.
Kegiatan Diskusi dibuka oleh Mr. David Haeri, Director of UN DPET dan penyampaian paparan oleh para Panelis kemudian dilanjutkan pendapat dari para peserta dari beberapa negara yang menjadi undangan.

Beberapa hal pokok yang menjadi pembahasan yaitu antara lain sebagai berikut Pentingnya peran komunikasi dan pendekatan terhadap masyarakat lokal; Perlunya meningkatkan kemampuan bagi para Peacekeepers dalam bidang komunikasi strategis; Tantangan yang lebih dinamis dalam misi PBB menuntut komitmen politik dalam menghadapi tantangan dengan melaksanakan peningkatan penggunaan tehnologi, integrasi dalam tindakan di misi PBB, dan penggunaan Human Intelijen secara optimal; Pentingnya adaptasi terhadap dinamika daerah misi PBB; Perlindungan terhadap Masyarakat merupakan prioritas disetiap mandat PBB dan dianggap berjalan baik dan merupakan aspek krusial yang diharapkan masyarakat lokal; Pentingnya berbagi pengalaman terbaik dalam setiap misi PBB sebagai bahan masukan dan evalusi bagi pelaksanaan perlindungan masyarakat sesuai dinamika; dan Perlunya Kerjasama antar negara dalam pelaksanaan misi PBB kedepan.

Diskusi ditutup oleh moderator, antusias para peserta ditandai dengan banyaknya pertanyaan dari para peserta.
Kegiatan ini dilangsungkan dalam rangka mengevaluasi dan untuk meningkatkan perlindungan kepada masyarakat sipil dalam misi Perdamaian Dunia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*