Kontingen Garuda

INSPEKSI PANGKALAN COB BENDERA SATGAS BGC TNI

The Environmental Protection Unit (EPU) mengunjungi Markas Kompi D satgas Batalyon Gerak Cepat (BGC) TNI Kontingen Garuda XXXIX-C/MONUSCO dalam rangka melaksanakan inspeksi fasilitas yang berada di COB Bendera. Dalam Kunjungan yang diterima langsung oleh Komandan kompi D Satgas BGC atau yang dikenal dengan RDB (Rapidly Deployment Batalyon), Mayor Inf Tommy Patria.

Dalam kunjungan ini, tim EPU mengecek Gudang BBM terutama dalam penempatan drum-drum yang menampung bahan-bahan yang dapat mencemari lingkungan, seperti oli. Pembuangan limbah dapur dan medis pun turut dicek agar tidak mencemari lingkungan hidup diseputaran COB Bendera.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi kepada para personel stagas tentang edukasi dan auran yang berlaku di UN tentang lingkungan hidup serta aturan mekanisme penggunaan fasilitas di dalam COB.

Selain menjalankan mandat menjaga perdamaian di daerah misi, para peacekeepers juga diharuskan untuk tetap menjaga lingkungan, sumber daya alam serta peninggalan sejarah masyarakat sekitar dimana mereka bertugas.

Beberapa kebijakan yang dikeluarkan oleh United Nations yang meaghubungkan antara Peacekeeping Operations dengan natural resources management Antara lain :

  1. Security Council Presidential Statement (2007)
  2. Chief Executives Board Decision (2007)
  3. Global Field Support Strategy (2010)
  4. Environmental policy for UN Field Mission (2009)
  5. Sustainable Development Goals (SDGs)
  6. DPKO-DFS Waste Management for UN Field Missions (2015)

Serta beberapa kebijakan lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*