Uncategorized

PRAJURIT KRI SULTAN ISKANDAR MUDA-367 LAKSANAKAN SHALAT EID DI DERMAGA BEIRUT LEBANON

Prajurit KRI Sultan Iskandar Muda (SIM) – 367 yang tergabung dalam Misi Pasukan Perdamaian Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M/UNIFIL merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah di Dermaga Beirut,Lebanon.(13/05)

Perayaan Idul Fitri 2021 ini memiliki makna tersendiri bagi prajurit KRI SIM-367. Hal itu karena ibadah di bulan Ramadhan kali ini dijalani dengan penuh tantangan ,yakni hampir sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa di daerah Operasi Lautan Mediterania ditengah adanya Pandemik Covid-19 ini.

Selain itu, juga harus menyesuaikan waktu puasa yang lebih lama dibandingkan dengan waktu puasa di Tanah Air yaitu 17 jam dan selain itu melaksanakan ibadah yang jauh dengan keluarga yang dicintai.

Namun, di tengah kondisi tersebut, para prajurit yang beragama Islam tetap melaksanakan kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa, melaksanakan sahur dan buka bersama, Shalat Tarawih berjamaah serta mampu mengkhatamkan al-Quran melalui tadarrus bersama selepas tarawih.

Dalam perayaan Idul Fitri pun, Shalat Idul Fitri sendiri dilaksanakan di Dermaga Beirut Lebanon. Selepas shalat acara dilanjutkan dengan Khutbah dan dilanjutkan sambutan dari Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-M/Unifil yaitu Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S.

Dalam kesempatan itu Dansatgas menyampaikan kepada seluruh prajurit bahwa meskipun dalam situasi Pandemik seperti ini dan perayaan Idul Fitri yang telah dilaksanakan tidak dengan keluarga, namun suasana seperti kekeluargaan itulah yang dapat mampu sejenak  mengobati rasa kerinduan para prajurit yang merayakan Idul Fitri jauh dari sanak keluarga di kampung halaman.

Pada hari yang sama,KRI Sultan Iskandar muda -367 juga kedatangan Komandan MTF yaitu Rear Admiral Axel Heinz Gustav Schulz beserta Staf nya,dalam kegiatan tersebut Komandan MTF turut mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri dan Komandan MTF menyampaikan rasa bangga atas kerja sama dan prestasi yang selalu diraih oleh Prajurit Satgas MTF TNI sebagai pasukan perdamaian PBB baik dari aspek operasi maupun latihan yang selalu dilaksanakan bersama unsur MTF UNIFIL dan LAF Navy meskipun ditengah menjalankan puasa di Bulan Ramadhan dan itu bukan merupakan halangan bagi Prajurit KRI SIM-367 untuk tetap melaksanakan kegiatan di daerah operasi.

Suasana Lebaran di KRI Sultan Iskandar Muda-367  juga dimeriahkan dengan hidangan khas lebaran dari Tanah Air yaitu gulai, opor dan ketupat serta kue-kue khas Lebaran Indonesia.

Suasana tersebut sejenak mampu mengobati kerinduan para prajurit yang harus merayakan Idul Fitri jauh dari sanak keluarga di kampung halaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*