Uncategorized

Prajurit Garuda Indo RDB merayakan lebaran Idul Fitri di daerah misi Afrika.

Dansatgas TNI Kontingen Garuda (Konga) XXXIX-C Rapidly Deployable Battalion (RDB) Mission de I’Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en Republique Democratique du Congo (MONUSCO) Kolonel Inf Sandi Kamidianto beserta seluruh prajurit Satgas melaksanakan Sholat Idul Fitri 1442 H/2021 M bertempat di Lapangan Cakrawala, Soedirman Camp RD Kongo Walungu. Kamis (13/5).

Bertindak sebagai Khatib yaitu Lettu Inf Abdul Aziz Siregar, Imam Sholat Kopda Mar Muslih Asnawi, Bilal Pratu Ageng Suryadi. Dalam ceramahnya, Khatib menyampaikan bahwa salah satu amalan yang dapat membantu kita mengetuk dan membuka pintu surga yaitu dengan menebarkan salam.

Salam juga dimaknai sebagai keselamatan dan perdamaian. Setiap umat muslim diharapkan mampu menebarkan keselamatan dan perdamaian, baik dalam bentuk ucapan maupun perbuatan, sebagai wujud keimanan kepada Allah SWT. Setiap umat muslim menghindari perilaku yang dapat menimbulkan keresahan, kerusakan, dan kehancuran tatanan kehidupan, karena itu menjadi penghalang baginya untuk masuk surga.

Rangkaian perayaan Idul Fitri tetap menerapkan Protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda diseluruh belahan dunia saat ini.

Komandan Satgas mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, selamat merayakan hari kemenangan bersama setelah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh, walaupun banyaknya tugas yang dihadapi serta cuaca ekstrem yang terjadi sepanjang bulan Ramadhan, tidak menggoyahkan semangat para prajurit Garuda dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.
Lebaran tahun ini para prajurit TNI berada di daerah misi yang jauh dari keluarga dan sanak saudara, namun arti dan makna Hari Raya Idul Fitri tetap dapat dirasakan. Saat ini yang mejadi keluarga kita adalah seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas ini”.

Setelah pelaksanaan Sholat Idul Fitri dilanjutkan dengan halal bihalal dan ramah tamah. Terpancar dari raut wajah para prajurit rasa senang bercampur haru. Rasa rindu menyelimuti setiap jiwa prajurit, namun tugas negara tetap mampu dilaksanakan dengan baik dan penuh kehormatan.

Dalam waktu sama, seluruh prajurit Satgas yang tersebar di beberapa Kompi/COB juga melaksanakan rangkaian perayaan Idul Fitri yang sama yaitu COB Shabunda di Prov Sud-Kivu, COB Kalemie dan COB Bendera di Prov Tanganyika.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*