Kontingen Garuda

KRI SULTAN ISKANDAR MUDA-367 LAKSANAKAN DIPLOMASI MILITER DAN DIPLOMASI BUDAYA DI TURKI

Sejak kedatangan KRI Sultan Iskandar Muda – 367(KRI SIM) di Dermaga Mersin International Port (MIP) Turki pada hari Selasa, 8 Juni 2021, Komandan Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-M/UNIFIL sekaligus Komandan KRI Sultan Iskandar Muda-367 Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S. melaksanakan Courtesy Call kepada Para Petinggi Turki seperti kepada Gubernur Provinsi Mersin yaitu Ali Ihsan SU dan kepada Panglima Armada Mediterania Angkatan Laut Turki Laksamana muda Fuat Gedik. Courtesy Call yang dilaksanakan Abdul Haris ini merupakan Courtesy Call yang pertama kali dilaksanakan dan diterima oleh Para Petinggi Turki karena menurut Para Petinggi Turki tersebut, ini merupakan kegiatan yang seharusnya memang dilaksanakan karena Indonesia bukan lagi merupakan hanya sahabat bagi Negara Turki, namun mereka menganggap bahwa Indonesia dan Turki merupakan Saudara.

Walaupun di tengah masa Pandemik Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi Abdul Haris bahwa KRI SIM harus tetap menjalankan misinya yang sejalan dengan UU No.34 Tahun 2004 dan pengarahan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat Rapat Pimpinan TNI AL 2021 yaitu melaksanakan tugas Diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah namun tetap harus juga selalu melaksanakan Protokol kesehatan yang telah ditetapkan dimasa Pandemik ini.

Pada tanggal 9 Juni 2021 Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal, Atase Pertahanan RI Kolonel Inf.Sjaiful Thalib, Asisten Atase Pertahanan RI Mayor Laut(S) Eko Edward S.N dan Para Petinggi Turki Gubernur Provinsi Mersin yaitu Ali Ihsan SU , Panglima Armada Mediterania Angkatan Laut Turki Laksamana muda Fuat Gedik serta Komandan Armada Timur Coast Guard Turki Kapten Ogus Bavbek juga menghadiri undangan makan siang bersama di Geladak Haluan KRI SIM. Acara makan siang bersama ini dikemas dengan penampilan Kesenian Tari Tradisional Indonesia yang dipertunjukan oleh para prajurit awak kapal KRI SIM dan juga menyuguhkan makanan – makanan khas Indonesia.

“KRI SIM saat ini sedang menjalankan tugas di SATGAS MTF TNI KONGA XXVIII-M UNIFIL di Lebanon dan akan mengunjungi Pelabuhan Mersin secara rutin nantinya untuk perawatan serta Bekal Ulang Logistik. Berkaitan dengan hal itu , sesuai dengan Tradisi Indonesia dan sebagai bentuk dari Diplomasi Militer serta Diplomasi Budaya saya memprakarsai untuk menghadiri acara makan siang bersama dari Komandan KRI SIM bersama Para Pejabat Turki di KRI SIM dengan tetap menyesuaikan dan melaksanakan Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan disini” Kata DUBES RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal.

“Pelabuhan Mersin nantinya akan menjadi Pelabuhan terbesar di Turki, Pelabuhan mersin juga memiliki fasilitas perawatan Kapal termasuk Kapal Militer dan salah satu yang terbesar di wilayah Laut Mediterania hal ini sangat mendukung KRI SIM apabila nantinya sandar kembali di Mersin”tutupnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*