Kontingen Garuda

Dansatgas Indo RDB beserta seluruh Prajurit Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Ke-2

Walungu. Bertempat di Hospital Level 1, Soedirman Camp, Walungu DRC Kongo, Komandan Satgas Indo RDB XXXIX-C Kolonel Inf Sandi Kamidianto beserta seluruh prajurit Satgas mengikuti Vaksinasi Covid-19 Tahap ke-2. Sabtu (26/6).

Pelaksanaan vaksinasi Tahap ke-2 ini menggunakan vaksin AstraZeneca COVISHIELD adalah vaksin hasil pengembangan perusahaan AstraZeneca dengan University of Oxford, Inggris. Vaksin ini mengandung virus yang telah dilemahkan untuk mengajari tubuh menghasilkan protein yang akan memicu respons sistem imun. Dari situ, tubuh dapat membuat antibodi untuk melawan infeksi virus Covid-19 yang masuk ke tubuh di kemudian hari. Agar efektif, setiap orang membutuhkan dua dosis vaksin.

Strategic Advisory Group of Experts dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menyatakan vaksin AstraZeneca sesuai dengan kriterianya. WHO menunjukkan vaksin AstraZeneca aman dan efektif dalam mencegah Covid-19 di kalangan warga berusia 18 tahun ke atas. Penelitian itu melibatkan sekitar 24 ribu orang. Di India, vaksin AstraZeneca digarap oleh Serum Institute of India dengan nama Covishield.

Diharapkan setelah dilakukannya vaksinasi Tahap ke-2 ini kepada seluruh prajurit, dapat menekan penyebaran virus Covid-19 dan juga secara tidak langsung turut melindungi orang-orang di sekitar kita dari ancaman tertular virus. Terutama mereka yang memiliki risiko lebih besar mengalami sakit parah akibat Covid-19. Kegiatan Vaksinasi Covid-19 sangat penting untuk menghentikan pandemi secara global.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*