Kontingen Garuda

Sambut Kemerdekaan RI Ke-76, Satgas Kizi TNI Gelar Lomba Permainan Anak-Anak di Afrika Tengah

Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda XXXVII-G/MINUSCA CAR terus melaksanakan pendekatan dengan masyarakat di Afrika tidak terkecuali anak-anak. Untuk itu Satgas mengadakan kegiatan “Open the Gate for Children” di depan halaman Super Camp Bangui, Republik Afrika Tengah, Minggu (15/08/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan juga dalam rangka menyambut HUT RI ke-76. Satgas Kizi TNI sadar sebagai penjaga perdamaian membutuhkan lingkungan yang menguntungkan dengan populasi yang mendukung untuk respons kekuatan yang efektif. Di bawah lingkup itulah Satgas TNI terus melaksanakan kegiatan Civil Military Coordination untuk memperkuat hubungan dengan komunitas yang kita lindungi khususnya perempuan dan anak-anak.

Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak berharap dengan kegiatan ini tidak hanya menambah wawasan anak-anak namun menambah kedekatan mereka dengan penjaga perdamaian.

“Anak-anak adalah salah satu yang paling rentan tetapi juga yang paling perlu diberi perhatian karena mereka adalah masa depan negara ini. Dengan memperkuat sumber daya manusia diharapkan akan membantu menciptakan perdamaian di Afrika Tengah. Pada kesempatan ini Satgas berinteraksi dengan menampilkan alat berat dan alat EOD guna menciptakan pikiran mereka dan memberikan mimpi untuk memikirkan jalan baru untuk tujuan masa depan mereka, ” ujar komandan.

Anak-anak dari Panti Asuhan Goutte de Lait dan dari sekolah Lycée Nasradine yang menjadi tamu berjumlah 60 orang belum termasuk wali mereka. Satgas TNI juga bekerja sama dengan kontingen tetangga seperti Nepal, Pakistan, Portugal untuk ikut memeriahkan acara ini.

Acara dihadiri pula oleh Deputy Special Representative Secretaris General Minusca, Force Commander dan Deputy Force Commander dimeriahkan pula dengan diadakan kegiatan perlombaan seperti memindahkan telur menggunakan sendok yang diletakkan di mulut, tarik tambang serta lomba mewarnai gambar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*