Kontingen Garuda

KRI SULTAN ISKANDAR MUDA-367 RAIH PENGHARGAAN PENGUATAN HUBUNGAN BILATERAL ANTARA INDONESIA DAN TURKI

Prajurit KRI Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) melaksanakan Upacara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Ankara, Turki dan di atas geladak haluan KRI SIM-367 pada tanggal 17 Agustus 2021. KRI SIM-367 juga turut meraih penghargaan atas dukungannya dalam Penguatan Hubungan Bilateral antara Indonesia dan Turki. Upacara yang dilaksanakan di Ankara, Turki turut dihadiri oleh Atase Pertahanan Republik Indonesia di Ankara, Kolonel Inf Sjaiful Thalib, S.H., M.S.i. dan Minister Counselor Fungsi Politik dan Sosial Kebudayaan Dion Swasono. Mersin,Turki (17 Agustus 2021)

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) di Ankara Turki adalah Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI) Untuk Turki yaitu Dr. Lalu Mohamad Iqbal serta ditempat berbeda Mayor Laut (P) Novyan yang menjabat sehari-harinya sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa) KRI SIM-367 turut memimpin upacara virtual yang dilaksanakan di atas geladak haluan KRI SIM-367. Walaupun jauh dari Tanah Air, tak menyurutkan semangat prajurit KRI SIM-367 untuk melaksanakan Upacara HUT RI ke-76 baik di Ankara, Turki maupun di atas geladak haluan KRI SIM-367 dengan sangat khidmat.

Upacara yang diikuti prajurit KRI SIM-367 beserta Komandan KRI SIM-367 (Dansatgas) Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S di Ankara,Turki sekaligus dilaksanakan juga penyerahan penghargaan khusus dari Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI) Untuk Turki kepada KRI SIM-367 atas peran penting KRI SIM-367 dalam diplomasi Indonesia di Turki.

​“KRI SIM-367 secara rutin melaksanakan Port Visit di Pelabuhan Mersin, Turki untuk perawatan kapal. Setiap Port Visit KRI SIM-367 selalu berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara sehingga keberadaannya di Mersin dapat dimanfaatkan untuk diplomasi Indonesia di Turki,” Kata Atase Pertahanan Republik Indonesia di Ankara, Kolonel Inf Sjaiful Thalib, S.H., M.S.i.

​Sementara Minister Counselor Fungsi Politik dan Sosial Kebudayaan Dion Swasono mengatakan bahwa KRI SIM-367 juga turut berperan dalam diplomasi kebudayaan. ”Peran mereka bukan hanya memajukan Military to Military Cooperation antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Turki serta Turkish Coast Guard , mereka juga melakukan diplomasi kebudayaan dengan mempromosikan kebudayaan Indonesia setiap kali berkunjung ke Turki,”Kata Dion.

​“Apresiasi Penghargaan yang diterima KRI SIM-367 ini merupakan bentuk keberhasilan diplomasi militer TNI Angkatan Laut. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan strategis Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk selalu menjalin hubungan persahabatan dimanapun berada dan bertugas sebagai wujud implementasi dari Universal Role Angkatan Laut, Naval Diplomacy serta mengingat penekanan dari Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Dan Perdamaian (DAN PMPP) TNI Marsda TNI Benedictus Benny K., S.H., MAvMGT., MAIR bahwa dimanapun Peacekeepers TNI bertugas untuk selalu membawa dan menunjukkan nama harum rakyat dan nama harum bangsa Indonesia yang harus tetap terjaga,” Tutup Komandan KRI SIM-367 (Dansatgas) Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*