Kontingen Garuda

Penemuan UXO di Shabunda Hebohkan Masyarakat

Shabunda. Berdasarkan laporan masyarakat sekitar melalui Language Asistant (CLA/LA), tentang adanya penemuan UXO, di area perkebunan warga tepatnya di Desa Minkusu. Satgas Batalyon Gerak Cepat (BGC) XXXIX-C Mission de l’Organisation des Nations unies pour la stabilisation en République démocratique du Congo (MONUSCO) Kompi Bravo COB Shabunda melaksanakan LRP (Long Range Patrol) dan survey Unexploded Ordnance (UXO). Rabu (29/9).

Kegiatan LRP tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Kompi Mayor Inf Hendri Kiswanto, beserta 22 personel termasuk, CLA 1 orang, Language Asistant (LA) 1 Orang dan 1 Orang perwakilan UNMAS.

Setelah menempuh perjalanan sejauh 6 KM dari COB dan tiba di Desa Minkusu, personel yang diterjunkan ke lapangan langsung melaksanakan pengecekan didaerah sekitar yang dikatakan masyarakat tentang adanya UXO. Tidak membutuhkan waktu yang lama personel Indo RDB menemukan titik lokasi keberadaan UXO dengan jenis mortir 81 mm.

Selanjutnya personel Indo RDB melakukan pembersihan area sekitar ditemukannya UXO dan memberi perimeter, serta tanda peringatan agar tidak membahayakan masyarakat sekitar. Kemudian Komandan Kompi segera berkoordinasi dan melaporkan hasil temuan UXO dengan Head Quarter Indo RDB untuk penanganan lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*