Kontingen Garuda

PANGKOARMADA II RESMI LEPAS KEBERANGKATAN KRI FRANS KAISIEPO-368 MELAKSANAKAN SATGAS MARITIME TASK FORCE (MTF) TNI KONGA XXVIII-N UNIFIL

Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S. didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Dhira Hutabarat memimpin acara pelepasan Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-N UNIFIL/Lebanon, dengan mengirim KRI Frans Kaisiepo-368 dan satu unit Helikopter Panther HS-1306 di Dermaga Madura, Ujung, Surabaya.

KRI Frans Kaisiepo-368 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh, selaku Dansatgas akan membawa sebanyak 119 prajurit TNI AL yang terpilih dan tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N Unifil/Lebanon ini akan melaksanakan tugas mulia sebagai pasukan perdamaian PBB yang akan bertugas selama kurang lebih 1 tahun. Satgas ini juga sekaligus menggantikan satgas sebelumnya yakni Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M UNIFIL/Lebanon bersama KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang telah kembali ke tanah air pada Bulan September lalu.

Pada acara pelepasan, Pangkoarmada II menyampaikan “Satgas ini merupakan bagian kontribusi kita kepada dunia untuk turut serta menjaga keamanan dan ketertiban, sekaligus merupakan ajang untuk menunjukan bahwa TNI AL mampu melaksanakan tugas secara profesional. Karena nantinya satgas ini akan melaksanakan patroli rutin, latihan bersama Lebanese Armed Forces (LAF)-Navy maupun dengan unsur-unsur MTF dari negara lain seperti Banglades, Jerman, Turki, dan Yunani di Area of Maritime Operation (AMO).” ujarnya.

Sebelumnya Pangkoarmada II juga memberikan pembekalan kepada prajurit beserta keluarga di Gedung PTA, agar selalu memberikan dukungan moril dan menjaga nama baik keluarga selama ditinggalkan. Mengingat waktu penugasan yang cukup lama, sempatkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, berikan bimbingan dan pemahaman serta solusi terhadap suatu permasalahan.

Ketua DJA II juga menambahkan sedikit pesan kepada istri prajurit, yakni “Jadilah mandiri dan pengganti kepala keluarga selama suami bertugas, jaga dan rawat putra-putrinya, serta doakan suami selama bertugas agar diberikan keselamatan dan kemudahan sampai kembali ke tanah air nanti,” tutur Ny. Dhira Hutabarat.

Turut hadir tamu undangan dalam acara pelepasan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N UNIFIL/Lebanon diantaranya, Danpuspenerbal, Kadispsial, Kaskoarmada II, Irkoarmada II, Kapoksalhikoarmada II, Danguspurla Koarmada II, Danguskamla Koarmada II, Para Pejabat Utama Koarmada II, Dansatkor Koarmada II, seluruh Kasatker, Komandan KRI di pangkalan, para Pengurus Daerah Jalasenastri Armada II, serta keluarga prajurit Satgas.

KRI Frans Kaisiepo-368 akan berlayar ke Jakarta untuk menerima perlengkapan perorangan, melaksanakan pemeriksaan kesiapan operasi yang dipimpin oleh Kasum TNI, dan pelepasan keberangkatan langsung oleh Panglima TNI di Kolinlamil, Jakarta.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*