Kontingen Garuda

PERAN DIPLOMASI SATGAS MTF TNI KONGA XXVIII-N/UNIFIL TA.2022 SEBAGAI DUTA BANGSA

Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL TA. 2022 baru saja tiba di Cochin, India setelah melewati rute yang cukup menantang di Samudera Hindia. Sambutan hangat yang diberikan oleh Angkatan Laut India membuktikan bahwa kalimat Home is Where the Navy Send Us benar adanya. Karena dimanapun tempat kapal berlabuh di situ adalah rumah kita.

Sejalan dengan kondisi tersebut selalu ada misi yang melekat pada Kapal Perang dalam setiap perjalanannya, salah satunya adalah Diplomasi. Misi Diplomasi menjadi sangat penting untuk dilaksanakan oleh Angkatan Laut karena identitas yang diusung oleh Kapal Perang adalah negara, dimana hubungan Diplomasi akan memberikan fasilitas bagi seluruh negara di dunia untuk mempererat hubungan baik.

Seakan tidak rela untuk melewatkan kesempatan yang ada selama berada di Cochin, Atase Pertahanan Republik Indonesia untuk India beserta Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL TA. 2022 melaksanakan kunjungan ke Southern Naval Command dalam rangka Courtesy Call.

Dalam kesempatan baik tersebut, Flag Officer Commanding in Chief Southern Command, Indian Navy yang diwakili oleh Chief of Staff Officer for Training, Commodore Ajay Shukla, mengucapkan selamat datang bagi Komandan beserta seluruh prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL TA. 2022 di Cochin, India. Beliau berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi media untuk memperkuat chemistry of Navy Brotherhood diantara kedua negara. Kedepan akan lebih banyak kerja sama khusunya bidang pendidikan dan latihan yang akan dilaksankan oleh kedua angkatan laut. Selanjutnya Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL TA. 2022 menyampaikan bahwa kegiatan ini akan membeeikan kontribusi positif dalam membangun confidence building measure. Dansatgas juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Indian Navy selama di Cochin sebelum melanjutkan pelayaran menuju daerah misi UNIFIL.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*