Kontingen Garuda

DIJULUKI THE POWER HOST OF MTF, KRI FRANS KAISIEPO-368 SUKSES MENJADI TUAN RUMAH PERTEMUAN STRATEGIS DENGAN FIFTH COMMITTEE, UN GENERAL ASSEMBLY

Majelis Umum (General Assembly) merupakan struktur utama PBB yang bermarkas di New York, Amerika Serikat sebagai wadah musyawarah dan pengambilan keputusan penting dalam setiap kegiatan PBB. Majelis Umum memiliki 6 komite termasuk di dalamnya adalah Komite Kelima (Administrative and Budgetary Committee) yang bertanggung jawab atas urusan administrasi dan anggaran. Komite kelima memiliki tugas diantaranya mempertimbangkan dan memberikan persetujuan hal-hal mendesak terkait pendanaan misi pemeliharaan perdamaian oleh PBB. Untuk menunjang tugas tersebut, Komite Kelima melaksanakan peninjauan 12 operasi perdamaian PBB di seluruh dunia termasuk Maritime Task Force (MTF) United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL).

Terkesan dengan kemampuan dan kebersihan kapal, performa prajurit, serta keberhasilan dalam menyukseskan setiap agenda MTF, MTF Commander menjuluki KRI Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N UNIFIL dengan The Power Host. Hal ini pula yang menjadi pertimbangan MTF Commander, RADM Michael Busse, berkebangsaan Jerman memberikan kepercayaan penuh kepada KRI Frans Kaisiepo-368 untuk menghelat pertemuan strategis dengan Komite Kelima. Sebanyak 24 personel Komite Kelima yang berasal dari berbagai negara anggota PBB mengunjungi KRI Frans Kaisiepo-368 saat sandar di Port of Beirut. Pada kesempatan tersebut turut hadir MTF Commander didampingi Chief of Staff (COS), Kolonel Laut (P) Ludfy beserta staf. (04/02/2023)

Rombongan diterima dengan penampilan kolaborasi kesenian rampak gendang, tari saman, dan band sebagai bentuk ucapan selamat datang. Rombongan selanjutnya melaksanakan ship’s tour dan pertemuan dengan jajaran MTF UNIFIL. Pertemuan ini menjadi media penting untuk menyampaikan urgensi keberadaan MTF, berbagai capaian yang telah berhasil diraih, serta program-program prioritas untuk mengakselerasi keberhasilan tugas yang dimandatkan PBB. Rombongan juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan prajurit Satgas dalam minum kopi bersama yang kental dengan kekayaan kuliner dan keramah-tamahan Indonesia. Sebagai penutup acara, dilaksanakan foto bersama di geladak Heli.

MTF Commander memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh prajurit Satgas atas keberhasilan dalam menyelenggarakan kegiatan bersama Komite Kelima yang tentunya menjadi prestasi dan kebanggaan tersendiri bagi MTF. “Keterlibatan KRI Frans Kaisiepo-368 dalam MTF merupakan implementasi dari amanat konstitusi untuk turut memelihara ketertiban dunia. Misi tersebut juga merupakan wujud diplomasi militer yang memiliki tujuan confidence building measure, preventive diplomacy, defence capacity, dan security enhancement. Hal ini yang menjadi semangat bagi Satgas untuk menyambut kepercayaan yang diberikan MTF Commander dengan performa optimal,” terang Dansatgas, Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*