PMPP activities

UNITED NATIONS CIVIL MILITARY COORDINATION (UN CIMIC) COURSE 2023

UNITED NATIONS CIVIL MILITARY COORDINATION (UN CIMIC) COURSE 2023 secara resmi dibuka oleh Komandan PMPP TNI yang diwakili Wadan PMPP TNI Brigjen TNI Heru Langlang Buana, S.IP., M.Si, di Auditorium PMPP TNI, Sentul, Bogor.

UN CIMIC COURSE diselenggarakan pada tanggal 7 – 18 Agustus 2023, peserta kursus merupakan gabungan 19 perwira yang berasal dari negara Mongolia, Malaysia dan Indonesia. Kursus ini merupakan kursus yang disiapkan bagi Pasukan Pemeliharaan Perdamaian Dunia dan berkolaborasi dengan Global Peace Operations Initiative (GPOI) yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang teori dan aplikasi hubungan kerjasama sipil dan militer dalam organisasi UN dengan meningkatkan efektifan hubungan kerja yang baik dalam menciptakan Perdamaian Dunia.

Dengan mewujudkan koordinasi dan komunikasi yang baik antara pemangku kepentingan militer dan sipil, sehingga mampu mendapatkan akses terhadap penduduk yang rentan terhadap konflik dan dapat memberikan bantuan kemanusiaan bagi mereka. Selain itu kursus ini dirancang untuk melatih para peserta sebagai perwira Cimic untuk memfasilitasi resolusi konflik yang efektif sesuai mandat PBB pada Misi Pemeliharaan Perdamaian Dunia.

Pada tanggal 18 Agustus 2023 Komandan PMPP TNI Laksda TNI Retiono Kunto, S.E., M.A.P., CRMP., M.Tr.Opsla, secara resmi menutup UNITED NATIONS CIVIL MILITARY COORDINATION (UN CIMIC) COURSE 2023 di Auditorium PMPP TNI, Sentul, Bogor.

“Saya percaya saat ini kalian telah memperoleh pengetahuan yang baik tentang tata cara koordinasi dan kerjasama antara militer dan sipil, sehingga mampu menjawab tantangan di daerah Misi Pemeliharaan Perdamaian Dunia yang sangat kompleks, segera pahami dan cari tau tentang isu-isu terkini disetiap daerah Misi sehingga kalian mampu mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi didaerah Misi yang sangat Dinamis. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh penyelenggara dan instruktur yang telah menyelenggarakan kursus ini dengan maksimal dan saya berharap kerjasama kita akan selalu berkesinambungan” Ungkap Komandan PMPP TNI.

Turut hadir dalam acara Wadan PMPP TNI dan Pejabat Distribusi, tamu undangan dari Mabes TNI, Mabes Angkatan, Subject Matter Experts Mr Jens Hahne dan Mr Khalid Zine, Perwakilan dari Kedutaan USA, Pengamat dari USA dan Para Instruktur UN CIMIC.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*