Kontingen Garuda

PERKUAT INTEROPERABILITI ANTAR KAPAL, MTF 448 UNIFIL LAKSANAKAN ADVANCE MANEUVERING EXERCISE DI LAUT MEDITERANIA

KRI Diponegoro-365 sebagai salah satu unsur yang tergabung dalam MTF 448 UNIFIL melaksanakan Miscellenous Exercise (Miscex) 831 Advance Maneuvering Exercise dengan kapal-kapal dari negara lain di Area of Maritime Operation (AMO) perairan Mediterania, Lebanon, Minggu (28/1).

Gelaran latihan bersama ini melibatkan beberapa kapal perang yaitu 2 kapal jenis Corvete : KRI Diponegoro-365 (Indonesia), BNS Sangram-F113 (Bangladesh) dan 1 kapal jenis Frigate : TCG Yildrim F-243 (Turki). Seluruh kapal membentuk beberapa formasi untuk menghadapi berbagai simulasi ancaman dan membentuk pertahanan dari kontak permukaan dan udara yang teridentifikasi sebagai musuh dalam peperangan laut.

Komandan KRI DPN-365 sekaligus Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII/O UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., menjelaskan bahwa latihan ini selain untuk memperkuat interoperabiliti antar kapal-kapal yang tergabung dalam MTF 448 UNIFIL, secara internal juga bertujuan untuk melatih para prajurit khususnya tim anjungan dan tim PIT dalam manuver kapal, membentuk formasi serta menghitung halu, waktu, kecepatan dan ketepatan dalam menempati posisi yang di tentukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*