Kontingen Garuda

KRI DIPONEGORO-365 DIPERCAYA SEBAGAI WAKIL MTF DALAM TRIPARTITE EXERCISE DI LAUT MEDITERANIA

KRI Diponegoro-365 dipercaya sebagai satu-satunya unsur MTF 448 yang mengikuti Tripartite Exercise di Area of Maritime Operation (AMO) Laut Mediterania, Lebanon, pada Rabu (28/02/2024).

Gelaran latihan bersama ini dilaksanakan antara 3 belah pihak yaitu French Navy (Angkatan Laut Prancis), LAF-Navy (Angkatan Laut Lebanon) dan unsur MTF 448 (diwakilkan oleh Indonesia). Beberapa kapal perang yang terlibat latihan yaitu 1 kapal jenis Frigate : FS Provence D-652 (Prancis), 1 kapal jenis Corvete : KRI Diponegoro-365 (Indonesia), 1 kapal jenis PC: Tabarja-42 (Lebanon) dan 1 kapal jenis LC: Sour-21 (Lebanon). Dengan adanya latihan ini diharapkan dapat melatih dan meningkatkan kemampuan Angkatan Laut Lebanon dalam suatu operasi laut dalam mengamankan wilayahnya.

Komandan KRI DPN-365 yang merupakan Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., menyampaikan bahwa penunjukan sebagai wakil MTF dalam latihan seperti ini merupakan suatu bukti kepercayaan dari MTF Commander akan kemampuan platform, sensor, senjata serta pengawak KRI DPN-365 yang dinilai mumpuni dalam melatih LAF Navy sesuai dengan yang dimandatkan dalam resolusi PBB.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*