Kontingen Garuda

KRI Diponegoro-365 Ajak Latihan Bersama HS Spetsai F-451 Yang Baru Saja Bergabung Di MTF 448

KRI Diponegoro-365 yang lebih dulu bergabung di MTF 448, mengucapkan selamat datang kepada kapal perang asal Yunani yaitu HS Spetsai F-453 (Hydra Class) dengan cara mengajak untuk melaksanakan beberapa serial latihan bersama di Area of Maritime Operation (AMO) Zona 1 North, Laut Mediterania, Lebanon, Sabtu (23/03/2024).

HS Spetsai F-453 akan terlibat dalam misi UNIFIL selama 2 bulan sama seperti pendahulunya yaitu HS Limnos F-451. Serial latihan yang dilaksanakan oleh kedua unsur MTF tersebut meliputi, Manuevering Exercise, Mailbag Transfer, Cross-Deck Helicopter Operations dan Photoex. Kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan kesiapsiagaan dan meningkatkan profesionalisme prajurit pengawak serta memberikan familirisasi dan uji coba geladak heli yang ada di setiap kapal yang berbeda.

Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., menjelaskan bahwa kegiatan ini selain merupakan suatu tradisi yang sangat baik dari Angkatan Laut di seluruh dunia dalam menyambut suatu unsur yang baru bergabung di dalam suatu gugus tugas multilateral, juga diharapkan dapat meningkatkan hubungan bilateral antar kedua angkatan laut.

Inisiatif KRI Diponegoro-365 dalam kegiatan ini adalah guna mewujudkan visi Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto yaitu TNI “PRIMA” yang salah satunya adalah ADAPTIF terhadap segala perubahan kekuatan sendiri, tuntutan tugas dan spektrum ancaman di daerah operasi sehingga misi dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*