Kontingen Garuda

FC CIMIC UNIT Sukses Menyelenggarakan Kegiatan CIMIC Induction Training (CIT)

FC CIMIC UNIT menyelenggarakan kegiatan CIMIC Induction Training (CIT) yang diselenggarakan selama 2 hari dimulai pada Rabu, 27 Maret 2024 s.d. Kamis, 28 Maret 2024 bertempat di gedung All Nation room dan ruang Laboratorium Old Camp Head Quarter UNIFIL, dengan peserta pelatihan sebanyak 35 orang peserta dari perwakilan SE CIMIC, Nepbatt, Indobatt, SW CIMIC, Rokbatt, Italbatt, Irishpolbatt dan Malbatt.

Kegiatan CIT ini dibuka secara resmi oleh Commander of FC CIMIC Unit Letkol Cba Ismatulloh, S.I.P., M.M. di gedung All Nation Room.
Dalam sambutannya disampaikan bahwa “Kegiatan CIT merupakan pelatihan induksi CIMIC yang wajib diikuti bagi semua personil Satgas CIMIC dari berbagai Negara di UNIFIL AoR, khususnya bagi personel CIMIC bataliyon-bataliyon yang baru datang ke daerah misi di Lebanon, CIMIC Induction Training dilaksanakan untuk memberikan berbagi pemahaman tentang aktifitas CIMIC dalam operasional dan pengetahuan pendukung lainnya. Selanjutnya tujuan diselenggarakannya latihan ini agar memiliki persepsi yang sama dalam kegiatan CIMIC di lapangan untuk menghindari tumpang tindih antara aktor operasional CIMIC diantara mereka. Selain itu pelatihan CIT ini merupakan sarana berkumpulnya personel CIMIC agar dapat bertemu langsung dan saling mengenal. Hal ini akan memilki kontribusi yang baik dalam berbagi pengetahuan, pengalaman dan apapun yang bermanfaat bagi misi kegiatan bantuan dan proyek CIMIC dilapangan antara aktor operasional CIMIC.”

Kegiatan pelatihan CIT ini dihadiri oleh Penyelenggara Capt Alessandro Marino (Italia) sebagai APO2, Lettu Adm Herangga Adiatma sebagai LO, Letda laut (P/W) Eka Rohana Lahaya sebagai APO1, Serma Yoyok Budi Setiawan sebagai LNCO1, Serda Delila Rizma Afriyanti sebagai LNCO2 Serda Rindiani Gabriell sebagai APNCO, WO2 Scaramella dan Kopda Yusrin sebagai Clerk. Adapun para pengajar yang memberikan materi yaitu dari Civil Affairs, J9SSO CIMIC, Gender Advisory unit, Military Gender Advisor, FCCU, GIS, LAF, J3, dan IOOC.
Letkol Laut (K/W) Ayu Chandra sebagai Salah Satu lecture dalam pelatihan CIT menyampaikan tentang struktur organisasi CIMIC di level UNIFIL HQ dan di sector area of operations (AoR) apa yang menjadi tujuan dan sasaran dari kegiatan CIMIC, yaitu mendukung mandat UNIFIL, mendukung masyarakat lokal dan membantu Pemerintah Lebanon dalam memastikan kembalinya otoritas yang efektif di wilayahnya.

Diakhir kegiatan CIT dilaksananakan acara penutupan oleh Chief J9 Colonel Arjun Khadka (Nepal) sekaligus pemberian cinderamata secara simbolis dari Commander of FC CIMIC Unit kepada para pengajar serta diakhiri dengan kegiatan foto bersama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*