Kontingen Garuda

KRI SULTAN ISKANDAR MUDA – 367 BERIKAN SALAM PENGHORMATAN DAN PERPISAHAN KEPADA KAPAL PERANG TURKI TCG YAVUZ F-240

KRI Sultan Iskandar Muda -367 (KRI SIM) yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M/UNIFIL yang dikomandani Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S. melaksanakan kegiatan Farewell pelepasan Kapal Turki TCG YAVUZ F-240 yang telah menyelesaikan misinya dalam  MTF UNIFIL di Lebanon. Kegiatan Perpisahan ini dilaksanakan dengan Serial Latihan Miscex 805 Mailbag Transfer dengan unsur MTF Kapal Perang Turki TCG YAVUZ F-240 di daerah latihan Zona 1 Center, 3 Beirut, Area of Maritime Operation (AMO), Laut Mediterania, Lebanon. (15/06)
 
Latihan mailbag transfer merupakan bagian dari latihan Replenishment At Sea/ Pembekalan di laut yang dilaksanakan oleh dua kapal atau lebih. Latihan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan tambahan bantuan logistik kepada unsur kapal yang membutuhkan agar dapat melaksanakan tugas di laut lebih lama tanpa harus bekal ulang di pangkalan. Ditengah-tengah Latihan, KRI SIM juga memberikan tas yang berisi Plakat KRI SIM sebagai simbol perpisahan kepada TCG YAVUZ F-240.

Pada kegiatan tersebut Prajurit KRI SIM memberikan salam penghormatan dan perpisahan kepada kapal Turki TCG YAVUZ F-240 serta kepada seluruh kru TCG YAVUZ F-240 yang telah menyelesaikan tugasnya sebagai unsur MTF.

Diakhir Latihan Abdul Haris juga menyampaikan pesan melalui Radio Komunikasi kepada Komandan TCG YAVUZ F-240 yang berisi ” YAVUZ are not just friend to us,but YAVUZ and SIM are Brother,Fair Wind Following The Seas,Pacis Nautae” Kata Abdul Haris. Salam penghormatan dan perpisahan dari KRI SIM tersebut kemudian dibalas dengan semburan air pompa Hydrant dari TCG YAVUZ F-240 yang kemudian dibalas kembali oleh air pompa Hydrant dari KRI SIM.

 
Latihan bersama  yang selalu KRI SIM laksanakan bersama Kapal Asing, termasuk salah satunya adalah TCG YAVUZ F-240 merupakan Tradisi TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Negara Lain sebagai salah upaya untuk mempererat persahabatan kedua negara , hal ini  sejalan dengan pengarahan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat Rapat Pimpinan TNI AL 2021 TNI AL  harus melaksanakan tugas Diplomasi Angkatan Laut dan kegiatan ini merupakan bentuk Peran KRI SIM dalam Diplomasi.
 
 
”Kegiatan Ini merupakan bentuk penghargaan dari kerja keras, dedikasi dan peran aktif serta kerjasama TCG YAVUZ F-240 dalam melaksanakan misi dan berbagai  kegiatan lainnya dengan KRI SIM ataupun dengan unsur lain selama ini di Area of Maritime Operation (AMO) dan melalui latihan-latihan  di daerah Operasi seperti inilah kita dapat menjalin Diplomasi dengan Negara Lain”Kata Komandan KRI SIM, Letkol Laut(P)Abdul Haris, S.E., M.M.D.S. 
 
Selesai latihan bersama KRI SIM bermanuver keluar formasi dengan kecepatan tinggi untuk selanjutnya tiap unsur kembali menuju daerah operasi masing – masing. Kegiatan latihan Mailbag Transfer seperti ini sangat diperlukan dalam satu satuan tugas seperti MTF Unifil, guna tetap meningkatkan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan tugas dan misinya terutama di Laut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*