Kontingen Garuda

USAI LEWATI SUEZ CANAL, SATGAS MTF TNI KONGA XXVIII-N/UNIFIL SINGGAH DI PORT SAID-MESIR

Sebelum menyelesaikan perjalan lintas laut etape terakhirnya di Lebanon dalam rangka misi perdamaian dunia, KRI Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL setelah berhasil melewati “Gulf of Aden” dan “Red Sea” dengan selamat untuk singgahi Pelabuhan Port Said, Mesir. Senin (26/12/22)

Sebelumnya KRI Frans Kaisiepo-368 yang dikomandani Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh selaku Danssatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL beserta seluruh prajurit harus melewati terlebih dahulu Suez Canal yang membelah Negara Mesir sebagai ‘Game Changer’ untuk mempersingkat pelayaran tanpa harus memutari Benua Afrika, kanal hasil proyek insinyur Perancis ini memiliki jarak sepanjang 120 Nm dan dapat ditempuh oleh KRI Frans Kaisiepo-368 selama 9 jam dengan asistensi 2 Pandu asal Mesir secara bergantian.

Setibanya di Pelabuhan Port Said, Satgas disambut oleh Wakil Kepala Perwakilan Republik Indonesia untuk Mesir Bapak M. Aji Surya yang mewakili Duta Besar beserta staf KBRI dan Asisten Atase Pertahanan Republik Indonesia untuk Mesir Mayor (Mar) Aji Purnomo yang mewakili Atase Pertahan beserta staf. Turut hadir pada acara penyambutan Kepala Otoritas Pelabuhan Port Said yang berkenan memberikan cinderamata sebagai bentuk apresiasi atas kedatangan KRI Frans Kaisiepo-368.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Kepala Perwakilan RI untuk Mesir beserta rombongan berkunjung ke KRI Frans Kaisiepo-368 sekaligus mengucapkan selamat datang di Mesir kepada Komandan dan prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL dan juga menyampaikan beberapa informasi terkait budaya, situasi dan kondisi terkini di Mesir sebagai panduan bagi seluruh prajurit selama beraktivitas di Port Said, Mesir.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*