Kontingen Garuda

CEK KESIAPAN OPERASI, TIM INSPEKSI COE/ORI UNIFIL SAMBANGI INDOBATT

Tim Contingent Owned Equipment (COE)/Operational Readiness Inspection (ORI) United Nation Intern Force In Lebanon (UNIFIL) melaksanakan pemeriksaan terhadap kesiapan operasi dan perlengkapan utama yang dimiliki Satgas Bataliyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-P / UNIFIL.

Kegiatan COE/ORI atau Inspeksi ini diketuai oleh Mr. Volodymyr Oleka beserta Tim dari UNIFIL Headquarter yang berlangsung selama dua hari (18-19 Januari 2023) dimulai dari Task Force Bravo (UNP 7-3), Kompi Alligator (UNP 9-63 dan UNP 9-15), Kompi Charlie (UNP 9-2) dan di akhiri di Kompi Delta, Kompi Markas dan Kompi Bantuan (UNP 7-1).
Materi pemeriksaan dibagi kedalam dua bagian yaitu Major Equipment dan Self Sustainment. Untuk Major Equipment meliputi kendaraan tempur, kendaraan ringan, kendaraan pendukung operasional, alat berat zeni, alat observasi, kontainer, senjata dan munisi, generator, alat kesehatan, serta peralatan anti huru-hara. Khusus untuk pemeriksaan kendaraan mulai dari kelengkapan kendaraan, sistem persenjataan, dan sistem pengereman untuk menghindari terjadinya kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Pemeriksaan Self Sustainment meliputi pelayanan catering, perlengkapan kantor, alat komunikasi, listrik, fasilitas hiburan, pemeliharaan bangunan, laundry, dan kelengkapan serta kebersihan lingkungan, yang tentunya sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan seluruh peacekeeper dalam melaksanakan tugasnya.
Selama kegiatan pemeriksaan Tim COE/ORI selalu didampingi oleh seluruh perwira staf sesuai dengan bidangnya masing-masing dan para Komandan Kompi yang dikoordinir oleh Wadan Satgas Letkol Inf Yoyok Wahyudi dan Kasilog Mayor Mar Musa Purna Toban. S.Hselaku penanggung jawab seluruh materil.

Kolonel Inf Fikri Ferdian S.Sos., M.M. selaku Komandan Satgas menyampaikan apresiasinya terhadap Tim COE/ORI yang secara kooperatif dalam melaksanakan inspeksi disatuannya. “Kami akan terus berusaha berbuat yang terbaik sesuai standar operasi yang ditentukan oleh UNIFIL” Ungkapnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*