Courses

UNITED NATIONS TRIANGULAR PARTNERSHIP PROGRAMME (UN TPP) HEAVY ENGINEERING EQUIPMENT TRAINING OF TRAINERS (HEE TOT) COURSE

Kursus HEE TOT ini diselenggarakan pada tanggal 5 Juni s.d 14 Juli 2023, bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antar negara TCC dalam bidang PKO, memberikan kursus keterampilan kepada peserta TNI dan manca negara yang akan ditugaskan menjadi instruktur zeni dalam pengoperasian dan pemeliharaan Alberzi guna mendukung tugas-tugas Engineering sesuai SOP PBB.

Disela-sela kegiatan tersebut, tentunya Komandan PMPP TNI Laksda TNI Retiono Kunto H, S.E., MAP., CRMP., Mtr Opsla., beserta tim dari UNITED NATIONS INFORMATION CENTRE (UNIC) meninjau langsung ke lapangan tempat para peserta latihan sedang melaksanakan praktek, para peserta dinilai sangat semangat dalam melaksanakan latihan. Tim Instruktur Jepang menilai bahwa para peserta latihan dinyatakan siap menjadi instruktur zeni yang handal dan profesional.

Tepatnya pada tanggal 14 Juli 2023 Komandan PMPP TNI yang diwakili Wadan PMPP TNI Brigjen TNI Heru Langlang Buana, S.IP., M.Si, secara resmi menutup UNITED NATIONS TRIANGULAR PARTNERSHIP PROGRAMME (UN TPP) HEAVY ENGINEERING EQUIPMENT TRAINING OF TRAINERS (HEE TOT) COURSE di auditorium PMPP TNI, Sentul, Bogor.

“Pelatihan dan pengembangan keterampilan seperti ini sekarang menjadi lebih penting dari sebelumnya, dihadapkan dengan dinamika dan ketidakstabilan global. Untuk menjawab tantangan ini maka diperlukan operasi penjaga perdamaian PBB lebih baik, profesional dan efektif, kita harus mengerahkan pasukan yang lebih terlatih. Oleh karena itu unit pendukung berkualitas tinggi di bidang teknik akan menjadi kunci utama untuk memperkuat pemeliharaan perdamaian”. Ungkap Mr. Takakazu Ito Senior Programme Manager UNTPP

“Dari awal hingga akhir pelatihan, setiap peserta berlatih dengan rajin dan antusias. Kami mengakui pekerjaan luar biasa telah dicapai oleh para peserta. Selain itu, kami Japan Training Team (JTT) terstimulasi dengan baik dan mendapatkan banyak ilmu selama program ini berlangsung. Saya sangat berharap para peserta tetap terus memelihara dan mengembangkan peran penting ini khususnya di negara masing-masing” Tegas LTC Takemoto JTT Commander

“Keberhasilan latihan ini tidak hanya dibuktikan pada misi perdamaian dunia, tetapi juga memelihara hubungan pribadi yang telah kami bangun dengan baik dalam kerjasama internasional untuk mewujudkan perdamaian dunia. Latihan seperti TPP perlu terus dikembangkan untuk memperkuat peacekeepers Indonesia dalam rangka mewujudkan perdamaian dunia sesuai amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea ke 4”, demikian beberapa amanat Komandan PMPP TNI yang bacakan oleh Wadan PMPP TNI.

Turut hadir dalam acara Wadan PMPP TNI, Inspektur PMPP TNI, para Direktur PMPP TNI, para Dansat PMPP TNI, tamu undangan dari Mabes TNI, Mabes Angkatan, Direktorat KIPS KEMLU, Mr. Miklos Gaspar Director United Nations Information Center, Mr Takakazu Ito Senior Program Manager UN TPP dan Athan Jepang Captain (N) Hamakawa Sho.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*