Kontingen Garuda

KRI SULTAN ISKANDAR MUDA BERIKAN SALAM PERPISAHAN DAN LAKSANAKAN PENYAMBUTAN KEPADA KAPAL PERANG NEGARA LAIN DI LEBANON

KRI Sultan Iskandar Muda -367 (KRI SIM) yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M/UNIFIL yang dikomandani Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S. melaksanakan kegiatan Farewell pelepasan Kapal Perang Jerman FGS MAGDEBURG dan Kapal Perang Yunani HNS KANARIS  yang telah menyelesaikan misinya dalam  MTF UNIFIL dan KRI SIM juga melaksanakan penyambutan terhadap Kapal yang baru akan bergabung dalam Misi MTF UNIFIL di Lebanon untuk melanjutkan misi dan tugas Kapal Perang Turki TCG YAVUZ  yaitu Kapal Perang Turki TCG BURGAZADA. Kegiatan Perpisahan ini dilaksanakan dengan Serial Latihan Steam Pass dengan seluruh unsur Kapal MTF di daerah latihan Zona 1 Center, Area of Maritime Operation (AMO), Laut Mediterania, Lebanon. (23/06)
 
Latihan Steam Pass merupakan latihan yang sering dilaksanakan oleh unsur-unsur MTF UNIFIL yang digunakan sebagai wujud salam penghormatan penyambutan unsur baru di MTF UNIFIL maupun salam penghormatan perpisahan terhadap unsur MTF UNIFIL di Lebanon.
 
 
Pada kegiatan tersebut diawali dengan KRI SIM dan Unsur Kapal Perang negara lain melaksanakan pembentukan formasi dengan halu kapal, cepat kapal, dan jarak yang telah ditentukan. Kemudian ditengah kegiatan Steam Pass tersebut KRI SIM memberikan salam penghormatan dan perpisahan kepada Kapal Perang Jerman FGS MAGDEBURG dan Kapal Perang Yunani HNS KANARIS yang telah menyelesaikan tugasnya sebagai unsur MTF UNIFIL,setelah itu barulah KRI SIM melaksanakan penyambutan terhadap Kapal Perang Turki TCG BURGAZADA.
 
 
Diakhir Latihan Abdul Haris juga menyampaikan pesan melalui Radio Komunikasi kepada Komandan Kapal Perang Jerman FGS MAGDEBURG dan Kapal Perang Yunani HNS KANARIS  yang berisi “Congratulation on your excellent achievment during the MTF mission,You aren’t just friend to us,We Are the Brother,Farewell and see you again FAIR WIND FOLLOWING SEAS,PACIS NAUTAE,GARUDA”Kata Abdul Haris. Salam penghormatan dan perpisahan dari KRI SIM tersebut kemudian dibalas dengan semburan air pompa Hydrant dari Kapal Perang Jerman FGS MAGDEBURG dan Kapal Perang Yunani HNS KANARIS  yang kemudian dibalas kembali oleh air pompa Hydrant KRI SIM.
 
Kemudian selanjutnya KRI SIM melaksanakan penghormatan dan penyambutan kepada KapaL Perang Turki TCG BURGAZADA sebagai bentuk ucapan selamat datang dan adapun pesan yang disampaikan Abdul Haris melalui Radio Komunikasi kepada Komandan TCG BURGAZADA “ Welcome on board to TCG BURGAZADA to the MTF,Let us served the peace in hand under the United Nations Flag for the save of this World,Peace at home,Peace in the world,Pacis Nautae,GARUDA”Kata Abdul Haris dan kemudian TCG BURGAZADA juga membalas dengan semburan air pompa Hydrantnya yang menunjukkan bahwa mereka siap melaksanakan misi yang mereka emban dan  kemudian dibalas kembali oleh air pompa Hydrant KRI SIM.
 
Latihan bersama  yang selalu KRI SIM laksanakan bersama Kapal Asing, merupakan Tradisi TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Negara Lain sebagai salah upaya untuk mempererat persahabatan kedua negara , hal ini  sejalan dengan  pengarahan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat Rapat Pimpinan TNI AL 2021 TNI AL  harus melaksanakan tugas Diplomasi Angkatan Laut dan kegiatan ini merupakan bentuk Peran KRI SIM dalam Diplomasi.
 
 
”Kegiatan Ini merupakan bentuk penghargaan dari kerja keras, dedikasi dan peran aktif serta kerjasama Kapal Perang Jerman FGS MAGDEBURG dan Kapal Perang Yunani HNS KANARIS selama ini  dalam melaksanakan misi dan berbagai  kegiatan lainnya dengan KRI SIM ataupun dengan unsur lain selama ini di Area of Maritime Operation (AMO) dan KRI SIM juga memberikan salam penghormatan penyambutan kepada Kapal Perang Turki TCG BURGAZADA yang baru datang ,melalui latihan-latihan  di daerah Operasi seperti inilah kita juga dapat menjalin hubungan Diplomasi dengan Negara Lain”Kata Komandan KRI SIM, Letkol Laut(P)Abdul Haris, S.E., M.M.D.S. 
 
Selesai latihan bersama KRI SIM bermanuver keluar formasi dengan kecepatan tinggi untuk selanjutnya tiap unsur kembali menuju daerah operasi masing – masing. Kegiatan latihan Steam Pass seperti ini sangat diperlukan dalam satu satuan tugas seperti MTF UNIFIL , guna tetap meningkatkan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan tugas dan misinya terutama di Laut dan menjalin ikatan persahabatan dengan unsur-unsur MTF lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*